Kamu Bukan Gundala, Ikuti Langkah Berlindung Dari Petir Ini

Kamu Bukan Gundala, Ikuti Langkah Berlindung Dari Petir Ini

Sob, ada yang sudah nonton film Gundala yang saat ini sedang trend dan ramai dibicarakan oleh semua orang? Film yang disebut-sebut sebagai Avenger-nya Indonesia ini, si Gundala dalam film mencari petir untuk menambah kekuatannya. Eits, tapi untuk kamu nih Disasterizen, kalau ada petir harus menghindar ya! Bagaimana caranya?

Baca Juga : 5 FAKTA FUNGSI PELUIT INI WAJIB KAMU INGAT

Tips Menghindar Dari Petir

  • Jika kamu mendengar guntur dan berada di luar ruangan, segera masuk ke dalam ruangan atau mobil. Kalau kamu bertanya apakah di dalam mobil lebih aman atau tidak? BMKG pun dalam salah satu komentarnya di Instagram (@InfoBMKG) menjawab, “Potensinya lebih minimal karena hampir setiap mobil sudah dilengkapi logam yang dapat mengalihkan muatan listrik atau bersifat menangkal petir.”
  • Bagaimana kalau sedang berada di dalam kolam berenang? Ya sudah pasti dong segeralah naik ke permukaan, kemudian menjauh. Karena petir dapat menghantarkan energi ke air.
  • Kalau kamu berpikir berlindung di bawah pohon itu aman dari petir, ternyata itu SALAH! Jadi jangan pernah ya Disasterizen untuk berlindung di bawah pohon. Sebab, pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh kita.
  • Ini penting banget! Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi, Semua itu mudah tersambar petir.
  • Jangan berada di sawah, lapangan, atau taman, karena petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya.
  • Misalnya kamu sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat yang aman untuk berlindung. Contohnya saja, berhenti di halte bus.
  • Nah, ini juga perlu kamu ketahui. Kalau kamu sedang berteduh di luar ruangan. Atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir. (MA)

Sumber : BMKG

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar