Daun Pisang Bentuk Nyata Kurangi Plastik Sekali Pakai

Daun Pisang Bentuk Nyata Kurangi Plastik Sekali Pakai

Sumber : Tempo

Kantong plastik sekali pakai memang akan terus menjadi ‘bintang’ yang selalu dibicarakan oleh banyak orang, jika tidak ada tindakan nyata untuk menguranginya. Bukan hanya di Indonesia saja, tapi di seluruh belahan bumi ini terus mengeluh dengan keberadaan kantong plastik sekali pakai tersebut.

Tetapi tenang, manusia sudah mulai berubah dan perlahan menunjukkan aksi nyata mereka dengan berbagai macam cara. Salah satu caranya adalah mengganti kantong plastik dengan daun pisang. Iya benar daun pisang! Bukan hanya daun pisang saja kok, ada hal lain yang mereka lakukan. Seperti apa ya?

Baca juga : HANYA 1 KATA, TAPI BISA SELAMATKAN BUMI

Mengurangi Sampah Plastik Sekali Pakai Di Belahan Dunia

  • Korea Selatan

Korea Selatan yang terkenal dengan oppa-nya, menjadi salah satu yang ikut aksi nyata pengurangan kantong plastik sekali pakai. Korea Selatan melarang masyarakatnya dalam penggunaan kantong plastik sekali pakai. Supermarket, toko kue, dan toko-toko lainnya diwajibkan menyediakan wadah yang bisa didaur ulang, kain, atau tas kertas sebagai pengganti kantong plastik.  

  • Singapura

Selain Korea Selatan, negara Singapura pun juga melakukan aksi nyatanya. Supermarket di Singapura melakukan pengurangan kantong plastik sekali pakai dengan serangkaian road show dan pemberian diskon!

  • Cina

Perlu diketahui, Cina menjadi negara yang lebih dahulu melarang masyarakatnya menggunakan kantong plastik sejak 2008. Langkah ini mampu mengurangi sampah plastik sekali pakai kurang lebih 40 miliar. Bukan hanya itu saja, penggunaannya juga mengalami penurunan sebanyak 86 persen.

  • Thailand dan Vietnam

Seperti yang tadi dikatakan di atas, salah satu pengurangan sampah plastik sekali pakai dengan daun pisang. Nah, negara Thailand dan Vietnam menggunakan daun pisang pada supermarket. Tak hanya itu saja Sobat Disasterizen! daunnya juga digunakan untuk membungkus daging segar.

"Saya jadi kepingin beli banyak sayuran saat melihatnya dibungkus pakai daun pisang. Saya rasa inisiatif ini dapat meningkatkan kesadaran orang akan pentingnya menjaga lingkungan," kata Hoa, salah satu pelanggan supermarket. Tidak hanya itu saja, supermarket Big C juga telah menyediakan kantong biodegradable yang terbuat dari tepung jagung.

  • Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Salah satu supermarket Indonesia yang bernama SuperIndo sudah menerapkan penggunaan berbayar jika menggunakan kantong plastik sekali pakai. Bahkan mereka menawarkan penggunaan memakai kardus! Bukan hanya itu saja, jika kamu tidak ingin pakai kantong plastik, maka kamu akan mendapatkan 200 rupiah. Bahkan, supermarket lainnya di Indonesia juga sudah menerapkan kantong plastik berbayar.

Wah, mantap banget ya Sobat Disasterizen? Indonesia juga sudah menerapkan tanpa kantong plastik pada pembagian daging kurban. Bisa kamu cek di artikel yang satu ini! Yuk terapkan ‘Talk less, do more’! (MA)

Sumber : Vice.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar