Begini Cara Australia Menangani Kebakaran Hutan Tanpa Air

Begini Cara Australia Menangani Kebakaran Hutan Tanpa Air

Sumber : Pinterest

Sob, sedih ya kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia tidak kunjung padam. Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk memadamkan kebakaran hutan. Mulai dari menggerakan personil untuk memadamkan api, water bombing, hingga menggunakan TMC (teknologi modifikasi cuaca).

Kalau biasanya memadamkan api pasti menggunakan air. Namun ada yang berbeda nih Disasterizen! Australia memiliki cara tersendiri dalam memadamkan api, yaitu tanpa menggunakan air. Pasti kaget dan nggak menyangka kan? Tapi ini benar terbukti lho. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Kota-kota pedalaman Australia memiliki masalah kekeringan nih Disasterizen. Akibat dari masalah kekeringan dan kekurangan air, ini membuat petugas terkait memikirkan bagaimana cara untuk mengatasinya. Kemudian petugas pemadam di sana mempunyai ide, yang mana membuat penghalang untuk mencegah terbakarnya bahan organik.

Baca juga : KENALKAN WAHANA OZON UNTUK EDUKASI ANAK

Teknik ini menggunakan alat-alat tangan seperti cangkul, untuk membuat jalur penahan air dan penghambat api. Mereka juga menggunakan excavator dan bulldozer untuk membuat jalur selebar 20 meter di sekitar kobaran api. Cara ini dilakukan di Queensland dan sudah mulai dipelajari di New South Wales.

Kalau menurut pakar lingkungan, Profesor David Bowman, metode pemadaman api dengan helikopter dan water bombing ini sangat mahal. Ia menambahkan, kalau situasi kebakaran yang terjadi saat ini di Australia. Bisa menjadi momentum untuk menguji teknik pemadaman air tanpa air.

Bowman juga mengatakan kalau perlu adanya tinjauan kembali terhadap lahan dan cara pembangunan. Karena tempat tinggal kita ini semakin berbahaya dengan datangnya perubahan iklim. Makanya nih Disasterizen, penting banget kan kita menjaga alam. Kalau kita menjaga alam, otomatis deh alam akan menjaga kita juga. Yuk budayakan kita jaga alam, alam jaga kita! (MA)

Sumber : ABC News

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar