PeduliLindungi : Aplikasi Peredam COVID-19

PeduliLindungi : Aplikasi Peredam COVID-19

Sumber : Youtube

Ada kabar baik hari ini untuk kamu, Sobat Disasterizen! Bagi kamu pengguna smartphone berbasis Android, ada sebuah aplikasi yang bisa melacak penyebaran COVID-19. Aplikasi tersebut bernama PeduliLindungi.

PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dikembangkan untuk meredam penyebaran coronavirus di Indonesia. Aplikasi ini melindungi kamu, keluarga, dan orang terdekat lainnya, dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Cara kerja dari aplikasi PeduliLindungi ini adalah menggunakan data yang diproduksi oleh gadget kamu dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Jadi, ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di aplikasi ini, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Lalu, PeduliLindungi akan mengindetifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (pasien dalam pengawasan), dan ODP (orang dalam pengawasan). Nah, nantinya kamu akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika kamu pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita Covid-19 positif, PDP, dan ODP.

Hal ini tentunya sangat membantu petugas kesehatan dalam melakukan tindakan pencegahan terhadap orang-orang yang pernah berada di tempat dan waktu yang sama dengan penderita, Sob.

Untuk membantu meredam penyebaran coronavirus, kamu bisa mengunduh aplikasi ini dengan pergi ke Google Play Store, atau lewat tautan berikut ini. Kemudian, saat pertama kali dipasang, PeduliLindungi akan meminta nama lengkap dan nomor ponsel pengguna. Aplikasi ini juga meminta kamu mengaktifkan akses ke layanan lokasi (GPS) dan bluetooth perangkat.

Jangan khawatir untuk kerahasiaan data pribadi kamu, Sob. Sebab, PeduliLindungi menjamin kerahasiaan data pribadi yang disebut tersimpan dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke orang lain.

Yuk, unduh sekarang untuk menghentikan penyebaran virus korona!(MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar