INARISK: Pendeteksi Virus Corona Secara Mandiri

INARISK: Pendeteksi Virus Corona Secara Mandiri

Sumber : covid19.go.id

Penyebaran virus corona di Indonesia saat ini kian meningkat. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat harus turut serta membantu Pemerintah Indonesia untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan Sob, salah satunya adalah dengan melakukan penilaian mandiri terkait virus corona.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memperbarui aplikasi INARISK-nya supaya masyarakat bisa melakukan penilaian mandiri terkait virus corona. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa menilai perlu atau tidak untuk melakukan tes cepat (Rapid Test) virus corona.

Baca juga : KENALAN DENGAN APLIKASI INARISK, YUK

Bagaimana Cara Menggunakannya?

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi INARISK di Playstore atau Appstore. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dengan hanya ukuran sebesar 7.2 MB dan gratis!
  • Lalu, setelah kamu mengunduh dan meng-install buka aplikasinya dan pilih opsi masuk.
  • Inarisk personal akan menunjukkan lokasi kita berada.
  • Kemudian pilih “Covid-19”. Nantinya pengguna dapat mengisi sejumlah pertanyaan sesuai dengan kategori yang tersedia, yaitu pribadi, keluarga, atau desa.
  • Nah untuk kategori pribadi, nantinya terdapat 21 poin pertanyaan yang perlu kamu jawab. Pertanyaan tersebut terkait dengan perilaku dan kebiasaan pribadi, potensi tertular di dalam dan luar rumah, penggunaan transportasi umum, masker, hingga daya tahan tubuh atau imunitas.
  • Sedangkan untuk kategori keluarga, pengguna nantinya diminta mengisi jawaban terkait pengetahuan virus corona bagi anggota keluarga, lingkungan tempat tinggal, kebiasaan keluarga, rencana, dan siapa saja anggota keluarga yang dinilai rentan.
  • Bagi pengguna desa, ada 21 pertanyaan meliputi kesiapsiagaan desa, ketersediaan relawan, hingga bentuk pencegahan yang telah dilakukan, seperti ruang isolasi, penyemprotan disinfektan, tempat cuci tangan, dan lain sebagainya.
  • Nantinya setelah pengguna mengisi semua pertanyaan, pengguna akan mendapatkan informasi terkait tingkat risiko masing-masing, yaitu rendah, sedang, atau tinggi.
  • Terakhir, pengguna akan mendapat rekomendasi apakah perlu melakukan rapid test atau tidak. Selain itu, pengguna juga diberikan informasi tata cara menjaga kesehatan.

Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, lebih baik kamu melakukan penilaian mandiri terkait virus corona daripada kamu terkena dan menyebarkan virus kepada orang lain. Jangan khawatir juga, jika kamu memang terpapar virus corona Sob! Semakin cepat kamu mengetahui jika kamu terpapar, maka semakin bagus. Sebab, kamu dapat cepat tertangani dan tidak menularkan kepada keluarga atau orang di sekitarmu. Yuk, bersama melawan corona! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar