Terjebak Nostalgia Dalam Buku Sutopo Purwo Nugroho

Terjebak Nostalgia Dalam Buku Sutopo Purwo Nugroho

Sumber : BNPB

Masih mengingat Sang Informan Bencana? Yup! Dia adalah (alm) Bapak Sutopo Purwo Nugroho, seseorang yang selalu memberikan kebenaran informasi kebencanaan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala BNPB (Letjen Doni Monardo) meminta pada setiap pejabat yang ada di BNPB bisa mencontoh kinerja dari (alm) Sutopo dalam bekerja, hal ini disampaikan oleh Plt. Kapusdatinmas BNPB, Agus Wibowo saat peluncuran buku Sutopo.

"Meskipun semasa hidup telah divonis kanker stadium 4b. (alm) Sutopo tetap semangat kinerjanya melayani publik, terutama wartawan. Semoga juga dapat memberi contoh untuk pejabat publik di tempat lain" ucap Agus saat peluncuran buku Sutopo Purwo Nugroho, di Gramedia Matraman, Jakarta (1/9).

Nah, sebagai wujud terimakasih BNPB dan mengenang Sang Informan Bencana kita ini, ruangan serbaguna lantai 15 yang ada di gedung Graha BNPB diberi nama dengan Ruangan Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho. Ruangan inilah yang akan dipakai setiap ada konferensi pers di BNPB.

Selain itu, Buku yang ditulis oleh Fenty Effendy yang berjudul ‘Sutopo Purwo Nugroho Terjebak Nostalgia’, menceritakan perjalanan hidup Sutopo, yang mana sudah diluncurkan pada Minggu (1/9). Buku ini berjumlah 200 halaman, yang terbagi lima bagian, yakni Juru Bicara, Siasat Hati, Tarung, Terjebak Nostalgia dan Kesempurnaan Takdir.

"Pak Topo merupakan sosok yang menjaga Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam bertutur kata maupun pesan WA (Whatsapp). Sehingga memudahkan saya juga dalam menulis" ungkapnya.

Baca juga : AYO JANGAN BERMAIN-MAIN DENGAN AIR LAGI

Sementara itu, Najwa Shihab memandang sosok Sutopo ini sebagai cerminan dan dedikasi untuk pejabat publik. Ia menceritakan bagaimana awal mula buku ini diterbitkan. “Saya mendapatkan pesan berantai atas nama Pak Topo. Apakah ada penerbit yang berminat menulis tentang kisah hidupnya. Terharu rasanya. Saya kemudian mengajak sahabat saya, Fenty Effendy dan penerbit Literati untuk bertemu Pak Topo di Narasi TV dan mulailah proses penulisan itu," cerita Najwa.

Dalam peluncuran buku ini, turut pula hadir keluarga  Sutopo, yaitu ayah, ibu, adik, istri dan kedua anaknya serta dihadiri ratusan pengunjung. Semuanya sangat antusias dalam mengikuti peluncuran buku Sutopo Purwo Nugroho Terjebak Nostalgia.  

Kamu penasaran kan pasti dengan isi yang terdapat di buku tersebut? Bisa banget kamu dapatkan buku ini di toko buku terdekat. Yuk langsung aja cus pergi, beli, dan membacanya! (MA)

Sumber : BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar