Pernahkah Gunung Bawah Laut di Indonesia Meletus

Pernahkah Gunung Bawah Laut di Indonesia Meletus

FOTO : Warta Geologi

Masih ingat dengan kejadian tsunami yang terjadi di Tonga? Tsunami tersebut terjadi karena letusan gunung bawah laut. Namun, siapa sangka kalau Indonesia juga memiliki enam gunung api di bawah laut, yakni Hobal (Ile Werung), Yersey, Emperor of China, Nieuwerkerk, Banua Wuhu, dan Sangir. 

Kepala PVMBG Andiani menyebut dari enam gunung api tersebut dua diantaranya menjadi perhatian pihaknya karena pernah meletus seperti di Tonga. Dimana keduanya memiliki secarik sejarah erupsi yang menyebabkan tsunami di masa lalu. Dua gunung tersebut yakni Hobal dan Banua Wuhu. 

Gunung Hobal terletak di Kabupaten Flores bagian timur, Nusa Tenggara Timur yang mengalami erupsi dan menyebabkan tsunami di wilayah sekitarnya pada tahun 1970-an. Sementara Gunung Banua Wuhu terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mengalami erupsi yang menyebabkan tsunami pada 1889. 

Tapi tidak perlu khawatir, tsunami dari letusan dua gunung api bawah laut tersebut tidak berdampak besar terhadap Indonesia. Hal ini disebabkan letak kawah dua gunung api bawah laut di bagian laut yang sangat dalam. Letak kawah Gunung Hobal dan Banua Wuhu lebih dari 500 meter dari permukaan laut. 

Oleh karena itu, tsunami yang terjadi tidak terlalu parah dan kerusakannya bisa dikendalikan. Akan tetapi, aktivitas enam gunung api bawah laut Indonesia itu terus dipantau. Pemantauan dilakukan untuk menghindari risiko tsunami dan bencana susulan yang terjadi jika ada gunung api bawah laut yang meletus. Itulah enam gunung laut besar yang ada di Indonesia yang aktivitasnya sedang dipantau. (MA)





Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar