Mitos Di Negara Lain

Mitos Di Negara Lain

Sumber : bobo

Indonesia aja punya mitos yang sangat melekat pada masyarakatnya, bagaimana dengan negara lainnya ya? Karena setiap negara pasti mempunyai kejadian yang hingga akhirnya menjadi sebuah mitos. Lalu, bagimana dengan negara lain? Yuk simak!  

  • India

Mitos kura-kura, babi, sapi, dan ular di India menjadi sebuah mitos asal usul gempabumi! saat itu sih, orang India kuno mempercayai kalau bumi itu diseimbangkan oleh beberapa hewan. Mitos yang mereka percayai yaitu jika gempa terjadi karena ada satu atau bahkan lebih hewan tersebut berganti posisi.

  • Selandia Baru

Berkembangnya mitos dari suku asli Selandia Baru, Maori mengenai asal usul gempabumi. Nah, menurut mereka ini bumi bernama Papatuanuku. Papatuanuku pun dipercaya sedang mengandung dewa yang bernaa “Ru”. Saat gempa terjadi maka saat itulah mereka percaya bayi dewa Ru alias Ruaumoko dalam kandungan Papatuanuku sedang bergerak, seperti menendang.

  • Jepang

Kalau kalian pernah membaca berita gempabumi dan tsunami akibat dari ikan lele, itu dia asal usulnya Disasterizen! Gempa dapat terjadi akibat gerakan kuat dari Namazu yaitu lele raksasa yang ada di sana. Lele raksasa ini dipercaya disegel oleh Kashima atau Dewa perang pada lapisan lumpur di bawah permukaan tanah, yang tepatnya pada sebuah batu. Mereka juga percaya jika segel Kashima melemah, maka Namazu tersebut akan berontak yang mengakibatkan gempa yang cukup dahsyat.

  • Yunani

Beda nih dengan yang sebelumnya, dari mitos orang Yunani, Poseidon yang merupakan Dewa laut ternyata juga Dewa dari gempabumi, lho! Poseidon ini dipercaya bahwa bisa membuat gempa ketika suasana hatinya tidak baik. Adik Dewa Zeus ini mampu menghantamkan pusaka trisulanya ke tanah yang bisa menimbulkan gempabumi serta tsunami dahsyat.

  • Indonesia

Yang terakhir ini spesial, karena banyaknya mitos yang tersebar di negara kita ini. Nah, salah satunya adalah bumi itu terdiri di atas seekor babi rusa raksasa. Lalu, gempabumi terjadi ketika babri rusa sedang gatal dan menggosokkannya pada pohon palm. Ini dia nih, salah satu mitos yang unik dimiliki Indonesia. Mitos ini dipercaya oleh masyarakat Sulawesi. (MA)

 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar