Mengedukasi Bencana Alam dengan Lagu

Mengedukasi Bencana Alam dengan Lagu

Ilustrasi anak menyanyi. Sumber: Pixabay

Edukasi bencana alam terhadap anak memang sangat minim. Maka dari itu, perlulah kita memperkenalkan bencana alam sejak dini terhadap anak. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan lagu. Menginggat lagu anak pada era saat ini memang sudah sangat sulit ditemukan. Anak-anak pada jaman now lebih mengenal dan mengetahui lagu orang dewasa.

Nah, berikut ini beberapa lagu buatan anak bangsa tentang mengedukasi bencana alam. Yuk, simak!

Mitigasi Gempabumi

BMKG bekerja sama dengan LIPI membuat lagu anak yang berjudul Mitigasi Gempabumi, yang dikemas berupa video musik animasi. Lagu ini mengajarkan anak-anak cara bermitigasi terhadap bencana alam. Video yang berdurasi 2 menit 44 detik di unggah oleh BMKG Padang Panjang di Youtube tahun 2016 silam. Instrumen pada lagu ini mengadaptasi dari lagu berjudul “Becak” yang dibuat oleh Ibu Sud. Pada liriknya diganti dan di ciptakan oleh Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi dari LIPI Dr. Eko Yulianto.

Gunung Berapi

Lagu anak berjudul “Gunung Berapi” yang telah tayang di YouTube tahub 2017 lalu, telah di arasemen oleh Djito Kasilo. Djito Kasilo adalah seorang pekerja periklanan di Jakarta. Sejak 2011 Djito menggerakan kepeduliannya terhadap lagu anak melalui komunitas Mari Nyanyi. Lagu anak yang dibalut animasi ini berdurasi 1 menit 20 detik.

Anak Siaga Bencana

Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center; MDMC) menciptakan sebuah lagu anak beserta dengan sebuah film. Video ini di unggah oleh akun YouTube yang bernama Arif Nurkholis, berdurasi 30 menit 16 detik. Dalam video ini, mengajak anak-anak agar tetap bersiap siaga dalam menghadapi bencana.

Wah, menarik banget bukan? Dengan adanya lagu-lagu yang diciptakan oleh orang-orang hebat ini, semoga dapat memberikan pembelajaran untuk anak-anak tentang mitigasi bencana alam dan dapat berkurangnnya dampak dari bencana gempa bumi dapat berkurang. (MA)

Sumber : Kompas & Beritagar.id

 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar