Kenalan dengan Aplikasi inaRISK, Yuk

Kenalan dengan Aplikasi inaRISK, Yuk

Logo inaRISK.

Halo, sobat Disasterizen!

Di dunia ini, tidak ada yang pasti. Bahaya dan ancaman selalu mengintai kita, baik itu dari atas, bawah, kanan, maupun kiri. Salah satu bahaya tulen ini adalah dampak dari bencana alam.

Yap, betul. Bencana alam sangatlah marak di Indonesia belakangan ini karena Indonesia terletak di kawasan Cincin Api Pasifik dan memiliki kurang lebih 13% dari total seluruh gununapi yang ada di dunia. Selain itu, paenebangan ilegal dan masalah sampah yang masih membludak makin menambah potensi bencana di negara kita ini.

‘Sedia payung sebelum hujan’, itu kata pribahasa. Kalau kata kami, sedia pengetahuan sebelum bencana melanda.

Nah, bagaimana sih caranya mengetahui potensi bencana yang ada di sekitar kamu?

Perkenalkan: aplikasi inaRISK

Tampilan inaRISK versi desktop

inaRISK adalah sebuah aplikasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana alias BNPB yang berfungsi untuk mengetahui risiko bencana di tempat sobat Disasterizen dan juga langkah-langkah apa saja sih yang harus dilakukan ketika bencana terjadi.

Ukuran nya tidak begitu besar, kok, sobat. Hanya 9.5 megabit untuk segudang manfaat. Selain kita bisa melihat potensi bahaya di wilayah kita, kita juga bisa melihat potensi di wilayah lain hanya dengan menggeser pointer di map inaRISK. Lengkap dengan analisis, langkah-langkah yang harus dilakukan ketika bencana terjadi, juga live update gempabumi dari seluruh pelosok Indonesia. Mudah, kan? 

Tampilan awal inaRISK versi mobile.

Sobat hanya perlu mengetuk tombol ‘Info Bahaya’ dan analisis potensi bahaya nya sudah bisa sobat akses! Lengkap dengan live update gempabumi dari seluruh pelosok tanah air!

Nah, selain di aplikasi ponsel, inaRISK juga bisa diakses di browser sobat dengan alamat inarisk.bnpb.go.id.

Tunggu apa lagi, sobat Disasterizen? Bekali diri sobat dengan pengetahuan dengan mengunduh aplikasi inaRISK sekarang juga! Klik di sini untuk pengguna Apple, di sini untuk pengguna Android. Klik di sini untuk mengunduh booklet manual penggunaan aplikasi dari BNPB. (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar