Desa Nguntoronadi: Desa yang Terpilih Sebagai Lokasi Jambore Relawan

Desa Nguntoronadi: Desa yang Terpilih Sebagai Lokasi Jambore Relawan

FOTO : Kominfo.jatimprov.go.id

SIAGABENCANA.COM - Sabtu (23/09/23), Desa Nguntoronadi, Kabupaten Magetan terpilih sebagai lokasi Jambore Relawan 2023 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan menjadi tempat peluncuran logo serta kickoff rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. 

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono; Ketua Pelaksana BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto; Bupati Magetan, Suprawoto; beserta jajaran dari Pemerintah Provinsi Jatim.

Perlu diketahui, Jambore relawan yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 22 - 24 September 2023. Ada kurang lebih 1.000 relawan dari seluruh Jawa Timur turut ikut serta. Dihadapan ribuan relawan tersebut, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi seluruh relawan di Jawa Timur yang rela menolong ketika saudara setanah air mengalami musibah. 

“Nafas kita semua adalah nafas gotong royong. Para relawan Jawa Timur selalu saling tolong-menolong, saling ingin memberikan solusi terbaik bagi saudara kita yang tertimpa musibah. Maka hari ini saya mewakili masyarakat Jawa Timur menyampaikan terima kasih atas seluruh dedikasi yang luar biasa dari para relawan,” kata Gubernue Khofifah. 

FOTO : beritanasional.id

Baca juga : 5 PROGRAM SEKOLAH BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN

Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh peserta, di hari pertama para peserta menerima materi edukasi relawan. Lalu, di hari kedua mereka menunjukkan aksi Paper Mob Bendera Merah Putih dan Optimis Jatim Bangkit. Rangkaian kegiatan jambore akan terus berlangsung hingga penutupan esok hari. 

Selain itu, terdapat pula penyematan selempang secara simbolis kepada perwakilan Srikandi Siaga Bencana dan penyerahan hadiah Juara Lomba Desain Logo Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jatim. Tidak sampai di situ, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bibit tanaman kepada sembilan Kepala Desa dari Kecamatan Nguntoronadi. Dimana setiap desa akan diberikan lima jenis bibit tanaman dengan jumlah total 2.425 bibit tanaman. 

Di sisi lain, selama jambore, Sekretariat bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur mengadakan tenda untuk coaching clinic Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Tenda tersebut bertujuan untuk berdiskusi, berlatih, dan berbagi ilmu tentang SPAB yang berkaitan dengan penanggulangan bencana. Tidak ketinggalan terdapat hiburan musik, pesta rakyat, dan pameran UMKM setempat dalam acara. 

FOTO : kanalindonesia

Sebagai tambahan informasi, tema Hari Jadi ke-78 Jawa Timur tahun 2023 ini adalah “Jatim Bangkit, Terus Melaju”. Tema ini menggambarkan semangat sinergi dalam membangun Jawa Timur dan berperan aktif dalam kemajuan Indonesia. 

Acara ini menjadi momen yang penting dalam memperkuat solidaritas dan kolaborasi antara relawan di Jawa Timur serta meningkatkan pemahaman dan kapasitas mereka dalam penanggulangan bencana dan pembangunan masyarakat. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar