Daur Ulang ‘Sang Pembuat Onar’ Versi Negeri Sakura

Daur Ulang ‘Sang Pembuat Onar’ Versi Negeri Sakura

Sumber : his-travel.co.id

Sampah, sang pembuat onar dan sumber masalah ini memang susah untuk dimusnahkan. Tapi kita jangan pernah menyerah! Kita bisa melakukannya dengan mencontoh negara Jepang yang sangat bersih!

Di Jepang, kota Kamikatsu melakukan program zero waste yang diikuti oleh seluruh penduduknya mulai dari tahun 2003. Sebelumnya, mereka ini membakar sampah dan tidak melakukan pemisah atau daur ulang sampah lho, Sob. Kemudian mereka menyadari bahwa membakar sampah ini telah mencemari lingkungan, menghasilkan karbon dioksida, sampai merusak pasokan makanan di sana.  

Ini yang menjadi penduduk Kamikatsu membuat Zero Waste Declaration atau Pernyataan Bebas Sampah pada 2003. Konsep zero waste adalah tidak ada barang yang dibuang ke tempat sampah. Maksudnya, barang-barang yang dibuang oleh masyarakat di kota Kamikatsu akan didaur ulang menjadi barang lainnya.

Baca juga : BELAJAR KEJADIAN TSUNAMI SELAT SUNDA LEWAT 3 TEMPAT INI

Penduduk Kamikatsu juga mengubah cara membuang sampahnya dengan memisahkan setiap jenis sampah, mencuci plastik, kaleng, atau botol sebelum dibuang, dan membawanya ke pusat pemilihan sampah. Perlu diketahui, ada 45 kategori sampah atau barang daur ulang pada pusat pemilahan di kota Kamikatsu.

Di kota ini sampah-sampah diubah dengan cara didaur ulang, digunakan kembali, atau dibuat menjadi kompos. Oh ya! Ada lagi nih, di kota ini juga ada toko yang bisa menjual barang yang dibuat dari barang-barang bekas. Dengan adanya program ini, penduduk kota Kamikatsu berharap tidak ada sampah. Bagaimana dengan Indonesia? Bisakah masyarakatnya melakukan hal yang sama? (MA)

Sumber : Bussines Insider, Great Big Story & Bobo

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar