Ada yang Baru Nih, Simak Permainan Edukatif Anak Bangsa

Ada yang Baru Nih, Simak Permainan Edukatif Anak Bangsa

Lomba Inovasi Kebencanaan, PIT-IABI ke-6.

Disasterizen anak 90an? Kenal dengan permainan Monopoly? Pasti kenalkan. Nah, SiagaBencana.com mau kasih sesuatu yang baru nih tentang permainan Monopoly, yaitu Siaganopoly. Apaan tuh Siaganopoly? Hubungannya apa sama Monopoly? Pasti di antara kalian akan berpikir seperti itu bukan? Hayo ngaku!

Siaganopoly ini adalah sebuah permainan edukatif yang berbasis siaga bencana, yang diciptakan oleh Musa, Mahasiswa STIA LAN Jakarta, salah satu peserta lomba Inovasi Kebencanaan PIT IABI ke-6. Siaganopoly ini sama seperti permainan Monopoly pada umumnya. Tetapi bedanya itu, permainan ini memberikan proses pembelajaran yang menyenangkan dengan media belajar yang interaktif dan sesuai kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak, remaja, maupun orang tua lho!

Karena belajar mitigasi bencana bukan hanya melalui baca buku, dengan permainan seperti ini malah memberikan proses pembelajaran yang menyenangkan. Dari permainan ini, kita dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana yang dimulai sejak dini.

Baca juga : DRONE MEMBAWA KABAR GEMBIRA UNTUK KEBENCANAAN

Lalu Bagaimana Cara Bermainnya?

Permainan board game mitigasi bencana ini sama dengan permainan Monopoly lainnya (melempar dadu), yang dimainkan oleh dua hingga enam orang pemain. Gaya bahasa yang digunakan pun bahasa Indonesia yang diucapkan sehari-hari. Sehingga memudahkan kamu dalam bermain. Serta, kamu juga bisa menerapkan pemberian reward dan punishment terhadap para pemain.  

Wah, inovasi karya anak bangsa ini patut diapresiasi ya Disasterizen, selain drone buatan Irendra Radjawali. Selain permainan ini yang harganya cukup relatif murah, juga bisa menambah wawasan mu dalam mengenal mitigasi bencana. Yuk dukung karya anak bangsa! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar