5 Makanan Wajib Penangkal Virus

5 Makanan Wajib Penangkal Virus

Sumber : Pixabay

Untuk mencegah segala virus, khususnya virus korona yang saat ini telah menghantui berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Kita perlu melakukan pencegahan, yaitu selain tetap berada #dirumahaja dan melakukan physical distancing adalah meningkatkan kekebalan tubuh, agar tidak mudah jatuh sakit.

Nah, untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ada berbagai cara sederhana yang dapat kamu lakukan, Sobat Disasterizen. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut ini adalah 5 makanan yang bisa membantu meningkatkan imunitas, simak!

  • Jahe

Sumber : Pixabay

Jahe adalah salah satu rempah-rempahan yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan jahe memiliki sifat anti-virus, yang bila dicampur dengan adas bintang dan madu dapat membantu mengendalikan efek samping. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari.

Sebagai tambahan informasi, adas bintang mengandung asam shikimic yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi obat anti-flu yang sangat kuat sebagai anti-virus.

  • Bawang Putih

Sumber : Pixabay

Selain jahe, bawang putih pun juga mampu meningkatkan imunitas pada tubuh. Karena bawang mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Bawang adalah bahan anti-virus kuat yang dapat dikonsumsi mentah atau dapat ditambahkan ke dalam sup atau salad. Untuk membuat obat rumahan yang sederhana, campur bawang putih mentah dan cengkeh bersama satu sendok makan madu mentah.

  • Bayam

Sumber : Pixabay

Nah, bayam juga tidak kalah penting. Sebab, kandungan antioksidan pada bayam pun tinggi. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang, ya!

  • Buah-buahan

Sumber : Pixabay

Buah-buahan sangat penting dikonsumsi untuk meningkatkan imuntas tubuh, Sob! Dikarenakan buah kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Ada beberapa buah yang baik dikonsumsi, seperti lemon, jeruk, kiwi, dan stroberi.

  • Makanan Laut

Sumber : Pixabay

Selain mengonsumsi buah-buahan, makanan laut juga mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Seperti, ikan dan tiram.

Itulah beberapa makanan yang bisa menangkal virus dengan cara meningkatkan imunitas pada tubuh. Tapi ingat, selain mengonsumsi makanan yang sehat. Cara meningkatkan kekebalan tubuh juga perlu dilakukan dengan banyak minum air putih, menjauhi konsumsi minuman beralkohol, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan yang banyak mengandung kolesterol, dan menerapkan pola hidup sehat, ya Sob! (MA)

Sumber : Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Dr Saras Salil, Kompas.com, & Alodokter.com. 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar