4 Tanaman Ini Dapat Mencegah Kebakaran Hutan

4 Tanaman Ini Dapat Mencegah Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan California 2018. Sumber: Shutterstock.

Indonesia merupakan salah satu oksigen dunia. Tidak heran kalau kebakaran hutan sering terjadi akibat musim kemarau di Indonesia, sebab itulah perlu adanya pencegahan.

Tetapi, sobat Disasterizen tahu tidak kalau ternyata tanaman bisa dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan, lho! Dari ribuan jenis tanaman, ternyata beberapa tanaman ini dapat mencegah kebakaran hutan. Yuk, intip tanaman yang dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan!

Laban

Tanaman laban. Sumber: Flora Indonesia

Tanaman yang asli Indoneisa ini memang jarang sekali ditemukan oleh sebagian orang. Laban adalah salah satu tanaman yang bisa bertahan setelah kebakaran terjadi. Oleh sebab itulah, tanaman ini sangat dirokemendasikan sebagai tanaman untuk menghambat kebakaran hutan dan mengurangi kerugian akibat kebakaran hutan. Tanaman Laban merupakan salah satu jenis tumbuhan potensial untuk mereklamasi lahan bekas tambang batubara.

Dadap Duri

Daun dadap duri. Sumber: Tips Petani.

Tanaman Dadap duri dipercaya tahan terhadap api oleh masyarakat Gunung Merapi. Tanaman ini tidak akan terbakar meski terjadi musim kemarau. Pohon dadap duri digunakan oleh masyarakat Gunung Merapi sebagai skat untuk lahan bekas kebakaran. Tanaman dadap duri ini banyak terdapat di Taman Nasional Bukit Barisan.

Cemara Mediterania

Cemara Mediterania. Sumber: ceritabersama-tati

Setelah terjadinya kebakaran lahan di Valencia, Spanyol di tahun 2012. Peneliti telah menemukan sejenis pohon yang relatif tahan api yaitu Cemara Mediterania. Pada daun Mediterania memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat bertahan hidup meski di musim panas. Pohon ini juga dapat tumbuh diberbagai iklim dan tersebar di hampir semua pulau di Indonesia. Saat ini, peneliti masih terus meningkatkan penelitian tentang pohon ini sebagai senjata botani untuk mengurangi kebakaran hutan.

Gaharu

Pohon kayu gaharu. Sumber: Shutterstock

Tanaman terakhir untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan adalah pohon Gaharu. Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menyatakan, bahwa pohon Gaharu cocok dan sedang di kembangkan untuk menghindari kebakaran hutan. Pohon Gaharu cocok ditanam di lahan gambut. Hal ini disebabkan air sulit disimpan pada lahan gambut. (MA)

Sumber : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar