4 Fakta Di Balik Mitos Tornado yang Tersembunyi

4 Fakta Di Balik Mitos Tornado yang Tersembunyi

Sumber : Pinterest

Sobat Disasterizen, mitos-mitos yang sampai ke telinga masyarakat memang terkadang bisa menjadi sebuah anugrah atau sebaliknya, yaitu ancaman. Bukan cuma di Indonesia saja, di luar negeri pun juga mempunyai berbagai mitos, seperti berbagai mitos tentang tornado. Tetapi, sayangnya mitos yang sudah beredar dan disampaikan secara turun-menurun ini bisa sangat membahayakan masyarakat lho! Seperti apa saja ya mitosnya? Hmmm….

  • Tornado Menyerang Kawasan Perumahan Semipermanen (Trailer Park)

Mitos yang satu ini bukan karena angin tornado sering menyerang kawasan perumahan semipermanen (Trailer Park). Tetapi, Trailer park ini memang mempunyai risiko kerusakan rumah lebih besar, sehingga sering menjadi pusat perhatian para media.

Rumah yang dibangun lebih permanen dapat bertahan dari tornado dengan kecepatan 193 kilometer per jam. Sementara rumah semipermanen bakal hancur oleh angin tornado dengan kecepatan seperti itu, sebab memiliki struktur lebih lemah. Jadi jangan salah kaprah ya!

  • Selama Tornado, Pengemudi Sebaiknya Berlindung Di Kolong Jalan Layang

Kalau kamu percaya dengan mitos yang satu ini salah! Sebab, di bawah jalan layang, angin justru bisa semakin cepat.

Baca juga : MENGENANG INGATAN LETUSAN KRAKATAU 1883 MELALUI MONUMEN KRAKATAU

  • Sungai, Danau, dan Bukit Bisa Menghalau Tornado

Badan air yang besar seperti danau memang bisa mengurangi badai hebat, karena udara cenderung mendingin sehingga mengurangi energinya. Namun, bukan berarti ini berlaku umum, ini bergantung pada geografi.

  • Kota-kota Besar Tidak Akan Dihantam Tornado

Untuk mitos yang satu ini sudah mulai ditinggalkan Sob, sebab beberapa tahun belakangan tornado menyerang kota-kota besar. Ada kemungkinan bahwa efek dari urban heat island effect (pulau panas perkotaan) yang memperkuat badai di kota-kota padat. (MA)

Sumber : National Geographic

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar